retty

Wednesday, November 13, 2019

BABY BLUES, PENGERTIAN, PENYEBAB DAN CARA MENYELESAIKANNYA.

        Sebelum kita membahas jauh mengenai Baby Blues. jadi, "APA SIH ITU BABY BLUES ?"
Baby Blues adalah perasaan sedih pada ibu yang habis melahirkan. Sebagai ibu yang habis melahirkan biasanya kita dipenuhi suka cita yang sangat luar biasa karena bayi yang selama 9 bulan kita kandung akhirnya berada disisi kita dan langsung dapat kita pandang. Namun hal ini berbeda dengan ibu yang mengalami syndrom Baby Blues ini. 

      Ibu yang mengalami baby blues cenderung merasa sedih bahkan ada yang sampai tidak ingin melihat bayinya. Menyusui bayinyapun enggan. Lalu bagaimana jika hal ini menimpa keluarga kita atau istri kalian ( bagi pembaca Laki Laki). Jika anda sebagai suami dukunglah istri penuh kasih sayang, beri pengertian pada istri kalian jika sang buah hati telah lahir dan sangat cantik jika itu perempuan atau bayi kita sangatlah tampan seperti aku suamimu jika bayinya laki laki. :D 

      Peluk dan cium istrimu penuh kasih sayang agar apa yang ibu baby blues khawatirkan mereda, ajak sang ibu untuk menyusui bayinya penuh kasih sayang. jika pembaca artikel ini Orang Tua Kandung atau Mertua bagi sang ibu babyblues, saran saya jangan terlalu mendominasi untuk ikut serta mengurus sang bayi karena ibu melahirkan sangatlah sensitif akan hal ini. Cukuplah Bantu anakmu dengan menyadari bahwa "kami adalah nenek kakeknya" biar ibu belajar sendiri untuk mengurus babynya. Bantu ibu baby blues dengan semangat dan dukungan kepada sang ibu. 

      Jika pembaca artikel ini adalah temen dari sang ibu baby blues, cukuplah beri dukungan kepada sang ibu. Jangan kau menambahi beban sang ibu dengan mengatakan hal hal yang menggurui. " KOK GAG ASI ?" "KOK GAG DIBEDONG?" KOK DUDUKNYA GITU?". Hal hal seperti ini terkadang membuat ibu yang sehabis melahirkan memikirkan yang tidak tidak. ada yang sampai merasa bahwa sang ibu telah menjadi ibu yang tidak baik. 

     Padahal menjadi ibu yang baik tidaklah harus seperti itu. Contoh kasus yang sering terjadi "Apakah ibu yang tidak memberikan asi bisa dianggap ibu yang tidak baik ?". Banyak orang mencibir bahwa tidak memberikan ASI adalah hal buruk sedangkan keadaan setiap ibu itu berbeda. ada yang memang asinya tidak keluar ada juga karena faktor kesehatan sang ibu. Nah, contoh kasus yang seperti ini yang biasanya membuat sang ibu mikir dan akhirnya mengalami kesedihan. 


       Bagi ibu yang mengalami baby blues cobalah untuk berfikir jernih dan selalu positif thingking bahwa semua yang terjadi adalah kehendak tuhan yang maha esa, dekatkanlah diri kepada tuhan yang maha esa, mintalah pengertian kepada suami dan  orang terdekatmu. Sering seringlah membaca bagaimana megurus baby dengan baik, belajarlah perlahan lahan dengan babymu, kaitkan hati satu sama salin. istirahatlah jika memang capek, jangan terlalu dipaksakan. Biarlah pekerjaan rumah menumpuk karena kewarasanmu lebih penting dari sekedar pekerjaan rumah yg menumpuk. 

      Ada lagi yang ingin saya sampaikan "JANGAN BODY SHAMING YA". wajarlah ibu sebahis melahirkan terlihat lebih gemuk dan lusuh. BODY SHAMING pada ibu habis melahirkan bisa juga menjadi faktor penyebab ibu baby blues. Jangan sampai sang ibu menyalahkan baby nya karena perubahan bentuk tubuh pada sang ibu.


Anak adalah anugrah terindah yang diberikan Allah swt yang harus kita jaga dengan amanah.




Retty Rahmadhani,Amd.Keb

No comments:

Post a Comment